Let's join to be our partner Join Now!

Resume Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

     Film ini mengisahkan tentang perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam melawan penjajah Belanda pada zaman penjajahan, juga perjuangan menyamakan hak dan mertabat masyarakat Indonesia yang terjajah kala itu. Film ini juga merupakan peta kecil penggambaran keadaan Indonesia saat ini. Carut-marut politik, agama, dan paham yang berbeda semua tergambar dalam film ini. 
     Hindia Belanda (Indonesia) mamasuki babak baru yang berpengaruh ke kehidupan masyarakatnya yakni Era Politik Etis yang dilakukan oleh pemerintahan Belanda. Akan tetapi kemiskinan masih banyak terjadi. Masih banyak rakyat yang belum bisa bersekolah dan kesenjangan sosial antar etnis dan kasta masih terlihat jelas. Di saat itulah muncul sosok Raden Oemar Said Tjokroaminoto atau yang kemudian dikenal sebagai HOS Tjokroaminoto. Ia tidak diam melihat kondisi tersebut. Meskipun ia berasal dari keluarga bangsawan atau ningrat yang bisa hidup nyaman di tengah-tengah pemerintahan Belanda tapi Tjokro merasa terbelenggu melihat keadannya rakyat Indonesia yang berbanding terbalik dengan kondisinya. Tjokro berani meninggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan dan ikut merasakan hidup sebagai rakyat biasa. 
     Film ini mengisahkan bagaimana Tjokro kecil hingga dewasa yang terlahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang islam yang kuat.  menceritakan bagaimana Tjokro menjadi guru dari para pemimpin pergerakan seperti Soekarno, Semaoen, Alimin dan Musso. Perjuangan menyamakan hak dan bartabat masyarakat Indonesia yang terjajah setelah lepas dari tanam paksa di akhir tahun 1800. 
     Salah satu latar belakang dibutanya film ini juga adalah untuk memberikan pelajaran dan menjadi media pembelajaran sejarah dan politik berbangsa yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi Indonesia saat ini, sekaligus mengingatkan bagaimana jasa pahlawan-pahlawan kita dalam kontribusinya melawan penjajah dan memerjuangan rakyat hingga akhir hayatnya.

     Pada awal pemutaran film tergambar sosok Tjokro yang diperankan oleh Reza Rahardian yang sedang berada di dalam suatu penjara di Kali Sosok dengan seorang Belanda yang
meminta pengakuan dari Tjokro mengenai kerusuhan yang terjadi  di Garut Jawa Barat.
     Oemar Said Tjokroaminoto (Tjokro) lahir 16 Agustus 1882 di Madiun, Jawa Timur, dari kaum bangsawan Jawa. Sehari-hari, ia berpakaian beskap dan kain sarung  batik, dan hidup nyaman tidak seperti kebanyakan rakyat Indonesia. Tjokro kecil pernah mendapati seorang pekerja Indonesia yang disiksa atasannya yang orang Belanda karena melakukan keteledoran. Darah yang terpercik di antara hamparan kapas menjadi potret yang terekam kuat di benaknya dan membekas dalam hatinya. Sehingga Dia pun berkeinginan kuat untuk membebaskan rakyat Indonesia dari penjajahan Belanda yang pada saat itu dinamakan Hindia Belanda. 

2 comments

  1. Mantap bang
    1. Terima kasih gan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.