Let's join to be our partner Join Now!

Analisis Agihan Iklim Klasifikasi Oldeman Menggunakan Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Cilacap

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

BAB I 
PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
Geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna dan berbagai hasil yang diperoleh dari bumi. Dalam geografi modern, geografi terbagi atas empat cabang pokok yaitu geografi matematik, geografi fisik, geografi antropogeografi dan geografi historik. Geografi mempunyai dua aspek pokok, yaitu aspek fisik dan aspek manusia (Mustofa, 2010). Aspek fisik merupakan kajian fenomena geosfer yang bersifat fisik meliputi : tanah, iklim, cuaca, air, dan segala proses alaminya. Sedangkan aspek sosial merupakan aspek yang menekankan manusia sebagai objek studi pokok dengan berbagai gejalanya di muka bumi. Aspek fisik berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Hal yang menyebabkan perbedaan kondisi tersebut adalah faktor iklim. Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata dalam waktu satu tahun yang penyelidikannya dilakukan dalam waktu yang lama (± minimal 30 tahun) dan meliputi wilayah yang luas (Lakitan, 1997).

Iklim adalah jalannya keadaan cuaca atau keseluruhan dari gejala-gejala cuaca di daerah tertentu sepanjang tahun dan dari tahun ke tahun (Daldjoeni, 1986). Iklim merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produksi dan pertumbuhan tanaman. Iklim digunakan untuk menduga keragaman tanaman sehingga diperlukan informasi cuaca harian, sedangkan untuk syarat tumbuh dan informasi cuaca yang lebih rinci diperlukan data dari beberapa dekade dengan nilai rata-rata bulanan dengan sebaran pola sepanjang tahun untuk dapat mengetahui apakah tanaman dapat hidup di suatu iklim tertentu.

Dalam berbagai sektor pemanfaatan informasi iklim masih sangat sedikit terutama untuk sektor pertanian. Di Indonesia yang sebagian mata pencaharian masyarakatnya sebagai petani dalam memanfaatkan informasi iklim juga sangat kurang. Akibatnya banyak hasil dan mutu pertanian yang kurang maksimal sehingga menyebabkan kerugian yang jumlahnya tidak sedikit. Untuk itu pengetahuan tentang iklim baik itu karakteristik dan pendugaannya sangat diperlukan untuk petani di Indonesia. Dengan hal ini petani dapat menentukan tanaman apa yang tepat untuk ditanam, waktu penanaman serta cara pengolahannya guna meningkatkan produktifitas hasil pertanian.

Informasi iklim pada bidang pertanian sangat diperlukan untuk perencanaan alokasi penggunaan lahan pertanian, perluasan areal tanam, rekomendasi pola tanam, dan pengaturan jadwal tanam. Pengaturan pola tanam berkaitan dengan kebutuhan air, terutama di daerah non irigasi yang hanya mengandalkan curah hujan dan faktor-faktor iklim lainnya, seperti suhu udara dan penyinaran matahari, dapat mendukung pertumbuhan tanaman sehingga mendapatkan hasil yang optimal. Di Indonesia klasifikasi iklim yang tepat untuk daerah pertanian adalah klasifikasi iklim menurut Oldeman. Klasifikasi Oldeman hanya memakai unsur curah hujan sebagai dasar klasifikasi iklim. Dalam penentuan klasifikasi iklimnya, Oldeman menggunakan ketentuan panjang periode bulan basah dan bulan kering berturut-turut. Tipe utama klasifikasi Oldeman dibagi menjadi 5 tipe yang didasarkan pada jumlah bulan basah berturut￾turut, yaitu : zona A, zona B, zona C, zona D, dan zona E. Sedangkan subdivisinya dibagi menjadi 4 yang didasarkan pada jumlah bulan kering berturut￾turut, yaitu : zona 1, zona 2, zona 3, dan zona 4. Setiap zona memiliki karakteristik yang berbeda sehingga klasifikasi iklim Oldeman disebut zona agroklimat.

Kabupaten Cilacap merupakan kabupaten terluas di Jawa Tengah dengan luas wilayah 225.361 Ha, terletak diantara garis 108º4’30” - 109º30’30” garis bujur timur dan 7º30’ - 7º45’20” garis lintang selatan, dan terbagi menjadi 24 kecamatan, 269 desa dan 15 kelurahan. Sektor pertanian di Kabupaten Cilacap memberikan sumbangan yang cukup besar dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat dan juga memberikan kontribusi terhadap pembentukan PDRB Kabupaten Cilacap, yaitu sebesar 29,4%, sedangkan sektor lain seperti sektor perdagangan dan industri pengolahan masing-masing sebesar 21,87% dan 20,24%(Cilacap Dalam Angka 2014). Berikut luas penggunaan lahan di Kabupaten Cilacap disajikan pada Tabel 1.1 :

Dari tabel diatas diketahui bahwa penggunaan wilayah di Kabupaten Cilacap untuk pertanian masih besar sehingga dalam pengolahannya harus di manajemen dengan baik agar hasil dan mutu produk pertanian berkualitas. Selain itu pengurangan resiko dari kegagalan panen juga tidak dapat diabaikan. Kegagalan panen dapat diakibatkan karena kurangnya pemahaman atas antisipasi cuaca buruk ataupun faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti pemahaman informasi iklim. Setiap daerah memiliki karakteristik iklim yang berbeda sehingga jenis, pola, waktu penanaman pertanian juga berbeda.

Dalam era digital sekarang ini kemajuan teknologi semakin modern. Informasi iklim yang menggunakan Sistem Informasi Geografis juga semakin mempermudah dalam pemanfaatannya. Menurut (Puntodewo, dkk, 2003) Sistem Informasi Geografis adalah suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras,perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk menangkap, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa, dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis. Analisis SIG dapat diterapkan selama data tersebut bereferensi keruangan. Pemanfaatan analisis SIG dilakukan karena mempunyai kemampuan memanipulasi data dan analisis data spasial dengan mengaitkan data atau informasi atribut untuk menyatukan tipe data yang berbeda dalam suatu analisis tunggal.

Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti bermaksud untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Analisis Agihan Iklim Klasifikasi Oldeman Menggunakan Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Cilacap”.

Post a Comment

Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.